Senin, 13 September 2010

Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah

Pengikut al-Husofiyah beraya bersama


Pada hari kamis 30 ramadhan 1431 hijriyah saya dan saudara Hisyam berangkat menuju Kairo untuk menyampaikan musalsal hari kamis dan musalsal potong kuku pada hari kamis, namun kami agak terlambat sebab perjalanan yang panjang dan macet, hanya tinggal beberapa menit saja sebelum maghrib saya pun sampai ke rumah pelajar tajaan Amanah Raya Malaysia di Kairo, tanpa buang waktu sayapun memulai pembacaan musalsal tersebut, pelajar-pelajar ini sangat semangat sekali belajar dan bertalaqqi, mereka terdiri dari pelajar-pelajar pilihan yang memiliki bakat dan kepintaran.




Setelah pembacaan selesai maka kami melaksanakan shalat maghrib dan seterusnya bertakbiran hari raya, rasa teringat dengan tahun lepas berhari raya di kampung halaman Besitang Langkat, tetapi pada tahun ini tidak dapat cium tangan kedua orang tua, acara pun diteruskan, setelah shalat isya` di adakan takbiran bersama dan kemudian saya di pinta untuk menyampaikan sedikat kata-kata dalam menyambut hari raya Iduk Fitri 1431 H/ 1010 M.

Di padi hari raya Idul Fitri kami melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan Suq Sayarat Hayy `Asyir, banyak dari warga negara kuar negeri yang shalat di sini, dari Indonesia, Malaysia, Negeria, Uzbekistan, Sudan, Thailand dan lain-lainnya.

Setelah selesai Shalat Idul Fitri kami meneruskan perjalanan menuju rumah Syeikh Mahmud Said Mamduh al-Qahiri as-Syafi`i seorang Muhaddis besar di Mesir khalifah Syeikh Muhammad Yasin al-Fadani al-Makki di Mesir, bertujuan untuk mendengarkan hadis Musalsal hari raya, ziarah ke rumah Syeikh Mahmud Said Mamduh merupakan jadwal saya setiap satu Syawal dari semenjak Syeikh kembali lagi ke Mesir .

Sesampainya di rumah beliau, kami di sambut hangat oleh Syeikh Mahmud Said Mamduh, terlihat beberapa tamu dari Yaman dan Malaysia telah mendahului kami, saya merasa malu ketika Syeikh Mahmud memperkenalkan saya kepada tetamu dari Yaman beliau berkata : Syeikh Husni adalah Musnid Asia Tenggara " sebab saya tidak layak untuk gelaran tersebut.

Diantara perbincangan yang hangat didalam rumah Syeikh adalah beberapa pertanyakan kepada tetamu Yaman tetang pengetahun mereka dengan ulama-ulama mereka di Yaman, tidak menjadi seorang Muhaddis jika memang seseorang tidak mengetahui ilmu Ansab para ulama-ulama periwayat hadis, di sini saya melihat Syeikh Mahmud memang fakar sekali dengan ilmu Ansab dari berbagai belahan dunia, sehingga beliau juga tahu banyak ulama-ulama besar di dunia ini, sehingga membuat para tetamu Yaman merasa heran, pada zaman sekarang sangat sedikit sekali orang yang memiliki perhatian kepada ilmu Ansab dan biografi ulama, lihatlah hasil karangan beliau " Tasniful Asma` " yang membuktikan kemahiran beliau dengan biografi ulama sehingga menjadi bahan rujukan para ulama sekarang dalam mengenal ulama-ulama pada abad ke empat belas hijriyah.

Setelah kami mendengarkan hadis musalsal hari raya dari Syeikh Mahmud, saya pun meminta izin untuk meninggalkan rumah Syeikh dan berajak ke kawasan Raba`ah Perumahan pelajar Malaysia Amanah Raya dengan menggunakan texi.

Sesampainya saya di Rumah Amanah Raya ternyata sudah banyak pelajar yang hadir dan menunggu saya, kemudian acara pun di Mulai, saya memulai dengan membaca hadis musalsal hari jum`at kemudian hadis musalsal hari raya, setelah pelaksanaan musalsal kamipun melaksanakan shalat jum`at kemudian saya beristirahat di rumah Amanah raya sehingga shalat maghrib dan seterusnya pulang ke zaqaziq kembali.

Tidak ada komentar: