Sabtu, 10 April 2010

Berziarah ke Sahah Ridwaniyyah

al-Faqir di depan Sahah Ridhuwaniyah



Perjalanan di lanjutkan kembali, kali ini kami akan menuju kota Loxor yang penuh dengan peninggalan Fir`aun, tetapi kami bukan bertujuan untuk menjenguk peninggalan dan tempat peribadatan Fir`aun, di kota ini kami ingin menziarahi Sahah Ridhuwaniyyah dan Syeikh Abu al-Hajjaj al-Aqshori.

Setelah kami sampai di Sahah Ridhuwaniyyah saya terus turun dan beranjak masuk kedalam sahah, rasa tercengang ketika melihat betapa besarnya sahah ini, fasititasnya yang lengkap, hampir seperti pondok pesantren modren, didalamnya terdapat hotel tempat penginapan orang yang datang tetapi tidak memerlukan bayaran, terdapat juga masjid dan makam pendiri sahah ini, kursi yang banyak untuk pengunjung, ruangan khusus untuk makan, saya belum pernah melihat sahah sebesar ini di Mesir, sungguh merupakan satu karomah bagi pendiri sahah ini, pendiri sahah Ridhuwaniyyah adalah Syeikh Ahmad bin Muhammd Ridhuwan.

Biografi Syeikh Ahmad bin Muhammad Ridhwan.

Beliau adalah Qutub Ghauts Ahmad bin Muhammad bin Ahmad al-Hasani al-Baghdadi al-Aqshari al-Qina`i as-Syadzuli, bersambung keturunan beliau kepada Syeikh Abdul Qadir al-Jailani.

Dilahirkan di perkampungan al-Baghdadi bahagian daerah Loxor pada tarikh 28 Rabi`ul Awal tahun 1313 hijriyah.

Beliau seorang yang buta huruf, tidak mampu membaca dan menulis, tetapi walaupun demikian beliau memiliki kehebatan dari orang lainnya, beliau memiliki ilmu yang tinggi, kasyaf yang hebat.

Orang-orang yang berada di kota Loxor sangat menghormatinya, sehingga banyaklah pengikut beliau, Syeikh Ahmad Ridhuwan sangat tidak suka melihat seseorang dalam keadaan bermaksiat dan melaksanakan dosa.

Diantara pengajaran beliau :

Orang bertanya kepadaku apa itu wali dan apa saja Syaratnya, aku menjawab : Wali adalah seorang hamba Allah yang dijaga tubuhnya dari berbuat apa-apa saja yang menyalahi Syari`at, hatinya tidak sibuk dengan dunia yang fana, tidak mengetahui kecuali tuhannya saja, tidak pernah menuntut karomah dan hal-hal yang menyalahi kebiasaan manusia, melaksanakan segala yang hak untuk hal-hal yang hak pula, membersihkan diri dari kejahatan, lari dari orang lain, berkasih sayang kepada makhluk Allah, memaafkan dan lembut hatinya terhadap orang muslim, bersendiri untuk Allah dan dengan Allah, tidak berdiri di mahligai singgasana dan tempat tidur yang empuk.

Diantara karomah beliau :

1 - Suatu hari ramai orang yang datang masuk kerumah beliau, diantara yang masuk adalah seorang yang berjenggot tebal, kemudian syeikh berkata : semua kamu boleh masuk kecuali orang ini karena dia dalam keadaan berjunub, pergilah mandi terlebih dahulu" . Lelaki tersebut mengaku bahwa beliau belum mandi dari junubnya kemudian dia pulang ke rumah dan mandi.

2 - Beliau memiliki ilmu kasyaf yang sangat tinggi.

3 - Pada suatu hari beliau berada di Kairo, dan telah mengambil tiket untuk pulang ke Loxor, tetapi beliau terlambat dari waktu yang telah ditentukan, orang-orang mengatakan kepadanya bahwa beliau telah terlambat, lalu beliau berkata : kereta api tidak mampu bergerak kecuali dengan keizinanku, kemudian beliau bergerak pergi ke stasion kereta api, beliau dapati kereta api menunggunya.

Syeikh Ahmad Ridhuwan meninggal dunia pada tahun 1387 hijriyah.

Rujukkan :
1 - Takmilah Jami` karamatil Auliya` karangan Syeikh Muhyiddin at-Tho`mi , halaman 130 terbitan Dar Kutub Ilmiyah.

Tidak ada komentar: