Jumat, 24 Juli 2009

Berziarah kemasjid Quba






Diantara masjid yang bersejarah dan memiliki keistimewaan dalam mengunjunginya adalah masjid Quba`, di pagi yang cerah dan indah jema`ah kami bergerak menuju masjid Quba yang telah disebut oleh Rasulullah kelebihannya, setelah kami sampai di halaman masjid Quba, dengan segera kami memasuki masjid dan shalat dua raka`at didalamnya, kemudian penulis melaksanakan shalat Dhuha dan berdo`a agar Allah memberikan kesempatan kepada penulis agar dapat kembali berziarah ke kota Rasul dan Quba`.

Masjid Quba` ini adalah salah satu masjid yang pertama sekali didirikan didalam sejarah islam, ketika itu Rasul singgah di Quba, tanpa membuang waktu beliau mendirikan masjid Quba beserta para sahabat yang ada, dan beliau melaksanakan shalat dimasjid ini sehingga masjid ini mendapatkan keistimewaan yang besar dari pandangan Rasulullah, sebab itulah beliau selalu mengunjungi masjid ini setiap hari sabtu dan shalat didalamnya, hal ini diperkuat oleh hadits yang di riwayatkan oleh Bukhari :
عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال : كان النبي صلى الله عليه وسلم يأتي مسجد قباء كل سبت راكبا وماشيا، وكان عبد الله يفعله "
ِArtinya : Bahwa Rasulullah SAW mengunjungi masjid Quba` setiap hari sabtu dengan menunggang kendaraan dan berjalan, dan juga dilakukan oleh Abdullah Bin Umar. ( H.R Bukhari ).

Dalam riwayat yang lainnya :
فيصلى فيه ركعتين

Artinya : Beliau ( Nabi ) melaksanakan shalat dua raka`at didalam masjid Quba` ( Bukhari Muslim).

Adapun keutamaan mengunjungi dan shalat di masjid Quba telah diungkapkan Rasul kepada umatnya didalam haditsnya :
الصلاة في مسجد قباء كعمرة
ِArtinya : Shalat di masjid Quba` pahalanya seperti pahala Umrah.( H.R Tirmidzi ).

Rasul bersabda :
من تطهر في بيته ثم أتى مسجد قباء فصلى فيه صلاة كان له كأجر عمرة ".
ِArtinya : Barangsiapa bersuci dirumahnya kemudian mendatangi masjid Quba dan shalat didalamnya, maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala Umrah. ( H.R . Ibnu Majah, Ahmad, al-Hakim.

Hadits-hadits yang telah kami ungkapkan adalah bukti dari keagungan dan keistimewaan Masjid Quba, sehingga disarankan bagi para penziarah Rasulullah tidak melewatkan dan menyia-nyiakan kesempatan dan keistimewaan tersebut.

Tidak ada komentar: