Sabtu, 07 Mei 2011

Wafatnya Syeikh Ibrahim bin Ahmad Hasyim

al-Faqir Muhammad Husni Ginting bersama Syeikh Ibrahim bin Ahmad Abu Hasyim


Syeikh Mahmud Said Mamduh beserta anak Syeikh Ibrahim dan al-Faqir beriarah kemakam Syeikh Ibrahim

Sahah Hasyimiyyah Bani Amir Zaqaziq dalam keadaan duka pada minggu ini, sebab wafatnya Syeikh Ibrahim bin Ahmad Abu Hasyim pada hari Selasa tanggal 30 Jumadal Ula 1432 hijriyyah bertepatan dengan 3 Mei 2011 Masehi.

Beliau merupakan ulama sufi yang ikhlas dan baik, ayah beliau adalah seorang ulama besar di propinsi Syarqiyyah, sementara abang beliau Syeikh Mahmud seorang ulama ternama di Mesir, memiliki banyak murid diantaranya Doktor Ahmad Umar Hasyim, sedangkan keponakkannya ( anak saudara ) Doktor Muhammad Mahmud Abu Hasyim merupakan Dekan kuliyah Usuluddin Azhar Zaqaziq.


Beliau merupakan keturunan Rasulullah s.a.w, yang mana kakeknya datang dari negeri Hijaz dan bermukim di Bani Amir Syarqiyyah, dan mengembangkan tarekat sufi di daerah itu,  hal ini mereka lakukan secara turun temurun, mengajarkan kasih sayang dan ibadah kepada Allah s.w.t.

Syeikh Ibrahim memiliki sifat yang terpuji, penyabar, tidak cepat marah, tidak memiliki dengki dan hasad terhadap orang lain, pemaaf, peramah, penyantun, mudah tersenyum, wara`, soleh, taat beribadah, baik terhadap tetangga dan para tetamu, mencintai pakir miskin dan anak-anak yatim, pendiam tetapi mudah diajak berbicara .

Ketika subuh selasa tanggal 30 Jumadal Ula 2011, Syeikh berkata : " Saya mau Shalat ke masjid " Isteri beliau berkata : " sebaikanya di rumah saja sebab sedang sakit ", tetapi Syeikh Ibrahim ingin juga shalat di masjid sehingga beliau keluar rumah dan melaksanakan shalat subuh, setelah pelaksanaan shalat shubuh beliau pun kembali kerumah dan duduk di atas kursi di bahagian ruang tanu sambil berkata kepada sang isteri, : " Buka seluruh dan pintu, kemudian pintupun di buka, setelah itu isterinya mengatakan : " biar saya buat minuman helbah", tetapi Syeikh tidak menginginkannya, tetapi Sang isteri pergi ke dapur membuat helba karena bagus untuk kesehatan, secara tiba-tiba sang isteri mendengar suara jeritan dengan kalimat ; Allah ! Allah ! Allah ! La Ilaha Illallah......, sang isteri langsung menuju ke ruang tamu dan melihat sang suami telah terbujur kaku tak bergerak, beliau memastikan apakah Syeikh Ibrahim masih hidup atau sudah meninggal dunia, beliau panggil anak-anaknya agar melihat ayahnya yang sudah tidak bernafas lagi, akhirnya mereka pasrah dan ridha dengan kepergian Syeikh Ibrahim.

Jenazah Syeikh Ibrahim di shalatkan di masjid Hasyimiyyah dan setelah itu lalu di kuburkan bersebelahan dengan Syeikh Mahmud Ahmad Abu Hasyim ayah dari Doktor Muhammad Mahmud Ahmad Abu Hasyim dekan kuliyah Usuluddin.

Saya baru tahu berita ini pada hari jum`at, sangat di sayangkan karena tidak ada yang mengkhabarkan berita kewafatan Syeikh setelah itu saya hubungi Maulana al-Muhaddis Mesir Syeikh Mahmud Said Mamduh al-Qahiri, beliau sangat terkejut, sebab pada hari senin Syeikh Mahmud menelfon Syeikh Ibrahim dan menanyakkan kabar kesehatannya, Syeikh Ibrahim menyampaikan bahwa beliau dalam keadaan sakit, Syeikh Mahmud Said Mamduh sangat sedih sekali, sebab Syeikh Ibrahim merupakan teman baiknya ketika di Dubai (  Emirat Arab), beliau sangat memuji akhlak Syeikh Ibrahim, kemudian Syeikh Mahmud berjanji pada hari sabtunya akan berkunjung ke Bani Amir bertakziyah kepada keluarganya dan menziarahi makam Syeikh Ibrahim Abu Hasyim.

Pada hari sabtu 7 Mei 2011 Syekh Mahmud oun sampai ke Bani Amir di sertai oleh al-Faqir Muhammad Husni Ginting menziarahi makam Syeikh Ibrahim, semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan Syeikh Ibrahim, serta memasukkannya kedalam surganya yang tinggi beserta para Nabi-nabi, wali-wali dan orang-orang yang soleh.

Tidak ada komentar: