Selasa, 04 Agustus 2009

Hukum mentahnik bayi




Hukum mentahnik bayi

Mentahnik bayi hukumnya sunnah, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW kepada sebahagian bayi-bayi yang di bawa kepada beliau, adapun tujuan tahnik adalah untuk mendapatkan keberkatan dari Allah lewat dari seorang yang mentahnik, sebab itulah seorang ayah atau ibu mesti melihat dan memilih siapakah yang akan mentahnik anaknya.



Adapun orang yang akan mentahnik mestilah orang yang dianggap alim dan shalih dalam kehidupannya agar bayi tersebut mendapatkan kebarkatan, jadi hal ini sangat dianjurkan bagi seorang ayah agar mentahnikkan anaknya kepada orang yang alim dan shalih.

Adapun dalil yang memperkuatkan sunnahnya tahnik hadis Rasulullah SAW: 

عن عائشة رضي الله عنها قالت : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يؤتى بالصبيان فيدعو لهم ويحنكهم . ( رواه أبو داود بالإسناد الصحيح )
 
Artinya : Dari Sayyidah Aisyah ra beliau berkat : Telah diberikan kepada Rasulullah SAW anak-anak, kemudian Rasulullah mendo`akan dan mentahnik mereka ( H.R. Abu Daud dengan sanad yang shahih ).

Sabda Rasulullah SAW:

عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه قال : ولد لي غلام فأتيت به النبي صلى الله عليه وسلم ، فسماه إبراهيم، وحنّكه بتمرة، ودعا له بالبركة ( رواه البخاري ومسلم )
Artinya : Telah lahirlah anakku, maka kubawa dia ke pangkuan Rasulullah SAW, kemudian beliau namakan dengan Ibrahim serta mentahniknya, dan mendo`akannya dengan keberkataan.( H.R Bukhari dan Muslim ).

Cara mentahnik bayi

Adapun cara mentahnik bayi adalah dengan meletakkan bayi dipangkuan sipentahnik, kemudian mengambil tamar yang sudah masak, sebaiknya tamar yang berasal dari Madinatul Munawwarah, sebab do`a yang Rasulullah sebutkan untuk kebarkahan kota Madinah dan tumbuh-tumbuhannya, kemudian hendaklah tamar itu dikunyah sampai menjadi halus setelah itu disemburkan kedalam mulut sibayi, jika tamar yang telah halus tersebut disertakan dengan air zam-zam lebih baik tapi jangan kebanyakkan, kemudian hendaklah semburkan kedalam mulut sibayi. Hal ini sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dalam mentahnik bayi-bayi yang diberikan kepadanya.

عن أسماء بنت أبي بكررضي الله عنها قالت : حملت بعبد الله بن الزبير بمكة، فأتيت المدينة ، فنزلت بقباء، فولدت بقباء، ثم أتيت به النبي صلى الله عايه وسلم، فوضعه في حجره، ثم دعا بتمرة فمضغهاثم تفل في فيه، فكان أول شيئ دخل جوفه ريق رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم حنكه بالتمرة، ثم دعا له وبرك عليه.

Artinya : Dari Sayyidah Asma` Binti Abi Bakar ra : Aku dalam keadaan mengandung Abdullah Bin Zubair di kota Makkah, Maka kemudaian aku berhijrah ke kota Madinah, dan singgah di Quba` dan melahirkan disitu, setelah itu aku membawa anakku ( Abdullah Bin Zubair ) kehadapan Rasulullah SAW, Rasulullah meletakkan anakku kepangkuannya, kemudian beliau meminta tamar dan mengunyahnya, lalu menyemburkan tamar tersebut kedalam mulutnya ( Abdullah Bin Zubair ), air ludah Rasulullah lah yang pertama sekali masuk kedalam mulutnya ( Abdullah Bin Zubair ) , kemudian Rsulullah mentahniknya dengan tamar dan mendoa`kannya dengan keberkatan .( H.R Bukhari dan Muslim ).

Tidak ada komentar: