Senin, 14 Desember 2009

Hadith Ibnu Mas`ud

Soal : Hadith : “ Apa –apa menurut pendapat orang Muslim itu baik, maka ia juga baik di sisi ALlah. Dan apa-apa menurut pendapat orang Muslimin itu buruk, maka ia adalah buruk di sisi ALlah" Apakah hadith ini terdapat pada Sohih Bukhari

Jawab : Hadith yang saudara ungkapkan teksnya adalah :

ما رآه المسلمون حسنا فهو عند الله حسن وما رآه المسلمون قبيحا فهو عند الله قبيح

Artinya : Apa-apa yang menurut orang Muslim itu baik, maka ia baik juga disisi Allah, dan apa –apa yang menurut pendapat orang Muslim itu buruk, maka ia buruk juga disisi Allah.




Takhrij hadith :

Hadith ini tidak terdapat di dalam kitab Sohih Bukhari, tetapi hadith ini di keluarkan oleh Imam Ahmad di dalam kitabnya “ as-Sunnah “ dari hadith Abu Wa`il, beliau meriwayatkan dari Ibnu Mas`ud .ra. hadith ini mauquf dengan sanad yang hasan.

Hadith ini juga di keluarkan oleh al-Bazzar , Daud ath-Thoyalisi, ath-Thabrani, Abu Na`im al-Ashbahani, Baihaqi didalam kitabnya al-I`tiqad dari riwayat Ibnu Mas`ud juga.

Berkata al-Hafiz Ibnu Abdul Hadi : Hadits ini telah diriwayatkan dengan secara Marfu` oleh Anas bin Malik dengan sanad yang gugur sebahagianya, yang sohihnya hadith ini diriwayatkan oleh Ibnu Mas`ud dengan secara mauquf.

Berkata Imam as-Sakhawi : Salah orang yang menyebutkan bahwa hadith ini terdapat pada Musnad Imam Ahmad .

Berkata Imam Abdullah Shiddiq al-Ghumari didalam ta`likannya : Bahkan hadith ini terdapat di Musnad Imam Ahmad.

Tidak ada komentar: