Selasa, 08 Desember 2009

Ibnu ishaq Sohibul Maghazi

Soal : Ada yang tidak menerima Imam Ibnu Ishaq sehingga menuduh beliau Syi`ah, dan menolak segala riwayatnya, bolehkah Syeikh jelaskan keadaan Ibnu Ishaq menurut ulama yang dapat di pegang ?

Jawab : Nama lengkap Imam Ibnu Ishaq ialah Muhammad bin Ishaq bin Yasar bin Khiyar, beliau dilahirkan pada tahun 80 hijriyah, melihat Anas bin Malik dan Sa`id bin Musayyab, beliaulah yang pertama sekali membukukan ilmu di kota Madinah, beliau seorang yang paling hebat dalam periwayatan Maghazi ( cerita peperangan Rasulullah ).

Imam Zuhri berkata : Senantiasa kota Madinah dalam keadaan melimpah dengan ilmu selama didalamnya terdapat Ibnu Ishaq. ( Siyar `Alam Nubala` : 7/29 ).

Imam Syafi`i berkata : barang siapa yang ingin mahir didalam ilmu Maghazi maka dia itu anak kecil dihadapan Imam Muhammad bin Ishaq. ( Siyar `Alam Nubala` : 7 / 29 ) .

Berkata Ibnu Abi Khaitsamah: Aku bertanya kepada Yahya nim Ma`in tentang Ibnu Ishaq, beliau mengatakan, telah mengatakan kepada `Ashim bin Umar bin Qatadah : Senantiasa manusia hidup didalam ilmu selama hidup Ibnu Ishaq.

Imam Zahabi berkata : Imam Ibnu Ishaq sangat alim didalam Maghazi.

Berkata Imam Syu`bah : Muhammad bin Ishaq Amirul Hadits dalam penghapalannya.

Masih banyak lagi ulama-ulama yang memuji beliau, daik dari segi hapalannya maupun kehebatannya dalam Maghazi,.

Adapun orang yang mentajrihnya adalah Hisyam bin Urwah dan Imam Malik bin Anas

1 - Hisyam BinUrwah berkata : Ibnu Ishaq pendusta.

ini disebabkan oleh Ibnu Ishaq berkata bahwa dia meriwayatkan dari isteri Hisyam.

Imam Zahabi berkata : Sangakaan demikian bahwa beliau telah mengambil dari Tabi`in dan Shahabiyat, karena mungkin saja beliau masuk ke istri Hisyam , dan beliau melihat nya ketika masih kanak-kanak, dan menghapal darinya, dan mungkin juga beliau mengambil riwayat tersebut ketika isteri Hisyam sudah tua, karena isterinya lebih tua sepuluh tahun dari Hisyam.

tunggu lanjutannya...

Tidak ada komentar: