Rabu, 11 November 2009

Nasehat untuk jema`ah haji

Waktu perhelatan umat islam sedunia sudah hampir tiba, dari berbagai bangsa dan negara akan hadir ketempat yang sangat suci dan barkah, tanpa melihat unsur kulit, bahasa dan keturunan ikut dalam pelaksanaan ibadah haji yang telah Allah wajibkan bagi orang yang mampu.

Kerajaan Arab saudi sangat sibuk melayani tetamu allah yang tiba dari seluruh penjuru dunia, tetapi yang sangat penting juga diperhatikan adalah kesiapan para jema`ah haji dari segi lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah yang sekali seumur hidup, sebab itu para jema`ah haji diajak mampu melaksanakan segala tuntutan yang telah digarisi oleh al-Qura`an dan al-hadits, berikut sebahagian permasalahan yang perlu dilaksanakan.

1 - Mempersiapkan diri dari berbagai keperluan dalam pelaksanaan ibadah haji, dengan menjaga kesehatan, makan-makanan yang sehat, mempelajari cara, adab dan ilmu manasik haji dari orang alim yang terpercaya.

2 - Menggunakan uang yang halal agar pelaksanaan haji mudah dilakukan dan dapat diterima oleh Allah SWT, dengan menggunakan uang yang halal membawa kita kepada ketentraman dan haji yang mabrur.

3 - Mengikhlaskan niat ketika berangkat menuju tanah suci, agar Allah menolong sang haji ketika melaksanakan ibadah.

4 - Melaksanakan seluruh perintah Allah, membayar segala utang piutang, dan meninggalkan wasiat kepada sanak famili.

5 - Meninggalkan nafkah orang yang wajib dinafkahkan, seperti anak, orang tua, budak sahaya dan lain-lainnya.

6 - Memohon kemaafan kepada seluruh tetangga dan masyarakat kampung yang didiami.

7 - Ketika berangakat menuju tanah suci hendaklah membaca do`a-do`a nabi dan ulama-ulama dalam perjalanan musafir dan memperbanyak zikir ditengah perjalanan.

8 - Mengusahakan melaksanakan shalat fardhu dengan berjemaah di masjid Haram Makkah dan Masjid haram Madinah, memperbanyak tawaf sunnah, dan shalat sunnah.

9 - Menjauhkan dari kata-kata kotor, tidak enak didengar, kata-kata yang tidak perlu, tidak terlalu menyibukkan diri dengan membeli barang-barang pecah belah dan selainnya, menjaga hati dari berbagai penyakit hati.

10 - Memperbanyak umrah sunnah, amalan-amalan sunnah, membaca al-Quran, berzikir dll.

11 - Memperbanyak zikir, membaca al-Qur`an, amalan-amalan sunnah ketika wukuf di Arafah.

12 - Tidak terlalu memaksakan agar dapat mencium hajaral aswad, berdo`a ditempat-tempat yang mustajab seperti di Multazam ( Diantara pintu ka`bah dan sudut Hajaral aswad, Hathim, Hijir Ismail, dibawah pancuran emas, ditempat maqam Ibrahim, Raudhah Syarifah, dll.

13 - Melaksanakan ziarah ke maqam Rasulullah SAW, dan berkunjung ketempat-tempat yang bersejarah agar dapat mengambil iktibar dan pengajaran.

14 - Mengikuti cara-cara Nabi Muhammad SAW dalam melaksanakan ibadah haji sebab beliau bersabda :

خذوا عني مناسككم

Artinya : Hendaklah ambil cara melaksanakan ibadah manasik haji dariKu

Tidak ada komentar: